Senin, 15 Agustus 2011

Ribuan Batang Kayu Bakau Tak Bertuan Ditemukan Di Panai Tengah.

rmo-Labuhanbatu
Laporan : Aminullah.
 
Kayu jenis Bakau berasal dari Hutan Mangroup ditemukan didalam parit didesa Sungai Rakyat Kecamatan Panai Tengah Labuhanbatu, diperkirakan jumlah kayu didalam parit itu berjumlah ribuan batan dan terlihat siap untuk dibawa keluar daerah.
Menurut Aminullah Harahap aktivis Forum Pembangunan Lintas Pantai Labuhanbatu yang menemukan tumpukan kayu bakau didalam parit tersebut pada Harian Orbit Senin (15/08), bahwa jenis kayu tersebut datang dari kecamatan Panai Hilir, pasalnya hanya dikecamatan itu yang memiliki areal pelestrian hutan mangroup dan daerah pinggir laut dan Sungai.
"melihat posisi kayu yang terletak didalam parit dan disekitar lokasi juga terdapat tumpukan anak kayu landas , kayu ini akan dibawa keluar daerah dengan cara menimpa kayu jenis bakau dengan anak kayu landas. Biasanya jenis kayu bakau digunakan sebagai kayu peranca bangunan geung."jelas Amin
Dikatakannya, hasil dari pantauan FK.PLPLB hutan mangroup yang ada dikecamatan itu punah, dan salah satu penyebabnya adalah perambahan yang dilakukan orang yang tak bertanggung jawab dengan menjual kayunya.
 
Di Beking Oknum Petugas.
"selain dialih fungsikan masyarakat menjadi pemukiman dan perkebunan, punahnya hutan jenis bakau dikecamatan Panai Hilir disebabkan perambahan hutan oleh oknum yang mencari keuntungan pribadi dari penjualan kayu jenis itu."ujar Amin.
Informasi diperoleh kata Amin, perambahan hutan mangroup di daerah pesisir Pantai Labuhanbatu marak diduga akibat didalangi oknum petugas. "temuan kayu jenis bakau di dalam parit itu sudah kita laporkan pada Polsek Panai Tengah diharapkan pihak terkait bisa mengusut perambahan hutan yang dilindungi negara tersebut."ungkapnya.
Ketika Kapolsek Panai Tengah Suhermadi dikonfirmasi wartawan melalui pesan singkat, ia menjawab dengan menuliskan melalui SMSnya "saya masih di polres, pak. Trims informasinya akan saya perintahkan anggota untuk cek kayu tersebut". Berselang tak berapa lama diketahui anggota Polsek Panai Tengah Dohar Siregar melalui telpon menghubungi Aminullah aktivis FK.PLP.LB penemu kayu jenis bakau itu.
 
Keterangan Foto.
 
Ribuan Kayu Jenis Bakau tak bertuan diduga akan dibawa keluar daerah ditemukan di dalam parit di desa Sei. Rakyat Kecamatan Panai Tengah Labuhanbatu. Poto. rmo-Aminullah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar