Sabtu, 01 Oktober 2011

Koptan Indah Tani Sei. Sentosa Terima Batuan Pembibitan Dishut Lab uhanbatu.

Lokasi Pembibitan 50 Ribu kecambah pohon kayu Mahoni dan sengon milik Koptan Indah Tani yang berasal dari Bantuan Program Pembangunan Bibit Rakyat Dinas Kehutanan L. Batu-poto-rakyatmerdekaonline.blogspot.com.
 
rakyatmerdekaonline
redaksi-Labuhanbatu.
 
Kelompok Tani Indah Tani Desa Sungai Sentosa Kecamatan Panai Hulu Labuhanbatu, salah satu kelompok tani penerima Bantuan Program Pembangunan Kebun Bibit Rakyat Dinas Kehutanan tahun 2010 daerah itu bersinergi menghijaukan desa yang terletak di daerah Panatai tersebut.
Menurut Sabaruddin salah seorang Pengurus Koptan itu pada Harian Orbit Sabtu (1/10), bantuan yang diterima kelompoknya dari Dinas Kehutanan Labuhanbatu senilai Rp 35 Juta untuk pembibitan 50 ribu pohon mahoni dan sengon. Dana tersebut diterima secara bertahap.
"tujuan dari pembibitan ini adalah untuk penghijauan desa, setelah bibit siap tanam bibit-bibit akan dibagikan pada warga desa melalui Kepala Dusun secara gratis dan ditanam di halam rumah warga, sarana umum seperti sekolah dan kantor-kantor yang ada di desa" jelas Sabar.
Selain itu katanya, bibit pohon tersebut juga akan ditanam dilahan kelompok tani yang sudah disediakan. "anggota Koptan Indah Tani berjumlah 21 orang, lahan yang disediakan sudah ada 20 ha ditambah 30 ha lahan milik anggota."ucapnya.
Selain program penghijauan tercapai, menurut Sabar Program yang dilunjurkan Dinas Kehutanan itu bisa menjadi penambah inkam anggota koptan. "masih tahap pembibitan, sudah membuka lapangan pekerjaan bagi keluarga anggota kelompok, sebab mengisi tanah dan memasukkan kecambah kedalam polibet kita menggunakan tenaga kerja harian."tuturnya
Apalagi kata Sabar, Anggota Koptan bisa memanfaatkan bantuan ini dengan menanam 50 ha lahan yang ada dengan pohon kayu yang dibibitkan, diperhitungkan hasil pohon kayu siap panen bisa menambah inkam anggota." kansaat ini harga kayu didaerah ini mahal dan hutan sudah tak ada, Pohon kayu yang ditanam akan memiliki nilai ekonomis yang lumayan, dari 50 ha lahan anggota bisa ditanam ribuan batang pohon kayu, kalau dikalkulasi hasilnya lumayan."ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar