Jumat, 01 April 2011

RS Dan Klinik di Labuhanbatu Tak Miliki IPAL.

Rmo-R.Prapat. Ternyata sampai saat ini belum ada satupun Rumah Sakit (RS) dan klinik swasta di Rantauprapat yang memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).Sementara, lokasi beroperasinya rumah sakit dan klinik tersebut berada di sekitar pemukiman dan daerah
padat penduduk.
"Sudah beberapa kali kita sampaikan peringatan kepada pemilik dan pengelola, namun hingga kini pihak rumah sakit dan klinik swasta belum ada yang mengindahkan peringatan dari Pemkab Labuhanbatu," tegas Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Labuhanbatu Romiduk Sitompul menjawab wartawan, Kamis 31 Maret 2011, di ruang kerjanya.
Menurut Romiduk, sekarang ada sejumlah rumah sakit swasta, seperti Citra Medika, Takdir, Kasih Ibu juga ada beberapa klinik kesehatan ibu dan anak, serta klinik bersalin yang kesemuanya berstatus sebagai milik swasta. Padahal tambah Romiduk, untuk jangka panjang maupun jangka pendek, buangan limbah cair maupun limbah padat dari rumah sakit dan klinik tersebut sangat membahayakan kesehatan dan lingkungan hidup warga yang ada disekitarnya.
Untuk jangka panjang, Pemkab Labuhanbatu akan memberikan memberikan sanksi, mulai dari tegoran, pidana dan menutup segala kegiatan. Walau begitu, pihaknya masih menghimbau dan mengggugah perhatian pihak pengelola rumah sakit dan klinik agar sesegera mungkin membangun IPAL di lokasinya agar masyarakat dapat terhindar dari gangguan kesehatan, akibat buangan limbah cair maupun padat, yang berasal dari rumah sakit dan klinik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar